• sCHOLARSHIPS AVAILABLE
  • diskon 75
  • diskon 50

Menengok Pengaruh Perbedaan Persepsi Fakultas dalam Penerapan Community Based Medical Education (CBME) dalam Kurikulum

Kemampuan lulusan perguruan tinggi kesehatan dalam menanggapi kebutuhan kesehatan masyarakat menjadi perhatian utama. Community Based Medical Education (CBME) adalah sarana untuk mencapai relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat. Seiring dengan jumlah perguruan tinggi kesehatan yang bertambah pesat yang juga sebanding dengan kebutuhan dan harapan kesehatan masyarakat, sangat mendesak bagi perguruan tinggi untuk memastikan kualitasnya, sehingga lebih responsif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat.

Moratorium di US Medical School Enrollment: 1980 – 2005

Dalam 25 tahun, sejak 1980 hingga 2005 populasi Amerika Serikat meningkat sebanyak 70 Juta, tetapi jumlah dokter yang lulus dari Fakultas Kedokteran hanya berkisar 16.000 per tahun. Pada tahun itu juga jumlah dokter yang mengambil residensi pada tahun pertama meningkat 23.000. Residensi yang masuk bukan semuanya dari Pendidikan Kedokteran di Amerika Serikat melainkan juga dari luar Amerika Serikat.

Jumlah Residensi dari luar Amerika Serikat tercatat meningkat dua kali dari 11.424 pada 1980 menjadi 22.419 pada 2000. Mengapa Amerika Serikat semakin tergantung pada tenaga dokter dari luar Amerika Serikat untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Amerika ? Ini bukan karena kurangnya pendaftar dari Fakultas Kedokteran yang ada di Amerika Serikat.

Pelatihan Tahap 2: Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal untuk Institusi Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan 25 – 26 Juli 2019

Pendidikan tinggi yang bermutu saat ini merupakan keharusan, terlebih lagi untuk pendidikan dokter, dokter spesialis, dokter gigi dan dokter gigi spesialis serta profesi kesehatan yang lain.

Hal ini diamanatkan melalui UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003, UU Pendidikan Tinggi No 12 Tahun 2012 serta berbagai peraturan terkait lainnya. Di tingkat ASEAN, telah disepakati bahwa pada 2015 akan terbentuk ASEAN Community dimana terjadi mobilisasi barang dan jasa secara bebas. Ada dua pandangan terkait ASEAN Community ini.

Pertama, bisa kita lihat sebagai ancaman, dengan masuknya dokter, perawat, bidan dan profesi kesehatan lain dari negara lain ke Indonesia. Kedua, bisa pula kita anggap sebagai peluang bagi lulusan Indonesia untuk bisa bersaing dan bekerja di negara lain.

Uji Kualitatif Penerapan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Kedokteran

Self Regulated Learning (SRL) dalam pembelajaran merupakan keterampilan yang penting untuk dikembangkan pada mahasiswa kedokteran. Konsep ini pertama kali dikenalkan pada teori Script Corcodance Test (SCT) dari Bandura, Zimmermann & Pons, Pintrich. Dengan Self - Regulated Learning, pelajar secara personal akan mengatur proses pembelajarannya sendiri, sehingga akan belajar lebih efektif. Berbagai penelitian empiris telah menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keberhasilan akademik dengan penggunaan keterampilan SRL dan pemahaman dari praktek SRL. Metode pengajaran seperti Problem Based Learning (PBL) membantu untuk melakukan Self Regulated Learning. Namun masih banyak ditemukan bahwa penerapan SRL ini masih kurang efektif dilakukan oleh mahasiswa kedokteran.

dr. Titi Savitri Prihatiningsih, M.Med.Ed.,PhD: ”Mengabdi untuk Kemajuan Pendidikan Nasional melalui BSNP”

image 34Alhamdulillah, 31 Mei 2019 adalah hari terakhir saya bertugas di Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sejak 14 Agustus 2014. Ini berarti, mulai Juni 2019 saya kembali bertugas penuh waktu di Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM. Mungkin banyak yang belum mengenal BSNP. Keberadaan BSNP adalah amanah Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Melalui UU ini, pemerintah Indonesia telah mengadopsi Sistem Pendidikan Berbasis Standar (Standar-based Education System). Dengan sistem ini, pemerintah menyelenggarakan Sistem Pendidikan Nasional dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi.