Ucapan Idul Fitri Pendok

PPE Dekan Pembahasan Workshop 15 Agustus 2014 : Manajemen Proyek

resume.jpg Pembahasan Workshop hari Jumat minggu lalu (15/8/2014). KLIK UNTUK REVIEW
Pada hari Jumat minggu lalu (15/8/2014) telah dilaksanakan workshop manajemen proyek untuk mengelola Proyek Pengembangan fakultas kedokteran terakreditasi A. Tercatat 14 peserta program, memang masih ada fakultas kedokteran yang tidak/belum mempunyai proyek pengembangan dan tim yang mengelolanya. Dalam hal ini masih ada beberapa kemungkinan:

  1. Dekan fakultas kedokteran yang bersangkutan tidak menganggap penting program pengembangan, sehingga tidak sempat atau tidak mampu menciptakan proyek pengembangan. Dalam hal ini dikhawatirkan fakultas kedokteran yang bersangkutan dapat menjadi stagnan. Dalam teori siklus hidup lembaga selalu dibutuhkan program-program pengembangan.
  2. Dekan fakultas kedokteran yang bersangkutan sudah mempunyai program pengembangan, akan tetapi gagal/belum mampu mendelegasikan program ini ke sebuah tim yang dipimpin oleh dosen yang dianggap mampu. Situasi ini menunjukkan adanya kegagalan untuk mendelegasikan pekerjaan ke pihak lain.

Kedua kemungkinan ini perlu dianalisis lebih tajam. Seperti yang pernah di bahas pada pertemuan-pertemuan dalam Program Pengembangan Eksekutif (PPE) bagi Dekan, ada berbagai ciri yang menunjukkan seorang Dekan merupakan pemimpin yang baik. Kami kutip kembali 4 ciri tersebut sebagai berikut:

Dengan melihat pada proses penyusunan Program Pengembangan fakultas kedokteran dan pembentukan tim maka sebuah pengujian apakah Dekan mempunyai ke 4 ciri tersebut sudah dimulai. Para peserta program sudah dapat menilai dan menguji dirinya sendiri apakah termasuk seorang Dekan yang baik. Dalam proses ini dapat dilihat dan diidentifikasi ciri yang masih belum menjadi sifat diri seorang Dekan.
Dalam proses ini juga ada pengujian lain berupa, apakah fakultas kedokteran yang bersangkutan mempunyai stock tenaga dosen yang mempunyai komitmen dan mampu aktif mengelola perubahan di fakultas kedokteran. Lebih jauh program ini juga menyiapkan regenerasi bagi pemimpin fakultas kedokteran di masa mendatang.
Untuk ini diharapkan para Dekan sebagai peserta dapat terus semangat untuk mengikuti PPE ini, dan mengakhiri musim PPE di tahun 2014 pada tanggal 5 dan 6 September 2014 di Yogyakarta. Akhir musim ini akan ditutup dengan presentasi proposal program pengembangan.