Ucapan Idul Fitri Pendok

Reformasi Pendidikan Spesialis dan Sub-spesialis

Masyarakat Praktisi:

Reformasi Pendidikan Spesialis dan Sub-spesialis

Berdasarkan dua kali pertemuan Diskusi pada tanggal 15 Oktober 2015 di Yogyakarta dan 31 Oktober 2015 di Malang, maka akan dibentuk Masyarakat Praktisi (Community of Practice) dalam Reformasi Pendidikan Spesialis dan Sub-Spesialis di Indonesia.Kelompok ini akan beranggotakan para pelaku dalam proses pendidikan spesialis dan sub-spesialis serta para pengguna tenaga dokter dalam sistem pelayanan kesehatan.

Apa esensi Reform?

Definisi reform menurut Oxford Dictionary adalah: Make changes in (something, especially an institution or practice) in order to improve it.

Dalam konteks pendidikan spesialis dan sub-spesialis, definisi reform dalam Masyarakat Praktisi ini dapat diartikan merubah dengan cara membentuk sistem baru untuk pendidikan kedokteran agar lebih terintegrasi dengan sistem pelayanan kesehatan, berdasarkan UU Pendidikan Kedokteran, UU Pendidikan Kedokteran, UU Kesehatan, dan UU RS. Tujuan reformasi ini untuk meningkatkan kinerja pendidikan spesialis dan sub-spesialis dalam memenuhi kebutuhan bangsa dan Negara.

Tujuan kegiatan Masyarakat Praktisi ini adalah untuk:

  1. Berbagi tips dan pengalaman-pengalaman dalam melakukan perubahan yang bersifat reformis dalam sistem pendidikan kedokteran dan sistem pelayanan kesehatan, khususnya mengenai pendidikan spesialis dan sub-spesialis;
  2. Menjadi forum tempat bertukar pikiran dan pengalaman, diskusi dan saling mendukung antar anggota;
  3. Melakukan kerjasama operasional antar anggota dalam melakukan reformasi.

Siapa anggota Masyarakat Praktisi ini?

  1. Pendidik di lembaga-lembaga pendidikan spesialis dan sub-spesialis
  2. Pengguna tenaga dokter di Kemenkes, Pemerintah Daerah, RS-RS
  3. Pimpinan AIPKI
  4. Pimpinan Asosiasi-asosiasi RS misalnya ARSPI, ARSSI, ARSADA dll
  5. Perhimpunan Dokter dan Kolegium
  6. Ikatan Residen dan Fellow
  7. Konsultan dan Peneliti system manajemen pendidikan dan system manajemen pelayanan kesehatan yang tergabung dalam Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia.
  8. dan berbagai pihak yang tertarik.

Kegiatan yang dilakukan oleh Masyarakat Praktisi ini adalah:

  1. Forum tatap muka berseri mengenai Reformasi Pendidikan Spesialis dan Sub-Spesialis. Saat ini telah dilakukan 2 kali:
    1. Di Yogyakarta, pada tanggal 15 Oktober 2015. Silahkan klik di sini untuk melihat video dan bahan-bahan lainnya.
    2. DI Malang, pada tanggal 31 Oktober 2015. Silahkan klik di sini.
      Selanjutnya akan dilakukan di Jakarta, Semarang, Palembang, Surabaya, dan berbagai kota lainnya berdasarkan kebutuhan dan permintaan. Setiap pertemuan dilakukan secara terbuka dan dilakukan dengan webinar sehingga dapat diikuti oleh berbagai pihak secara jarak jauh. Seluruh hasil dapat dilihat di web.
  2. Diskusi dan bahan-bahan referensi di web: www.pendidikankedokteran.net
    Diskusi dilakukan secara virtual melalui web dengan moderator dari PKMK FK UGM.
    Berbagai Referensi dapat diklik di web tersebut. Referensi-referensi tersebut termasuk diskusi-diskusi yang pernah dilakukan sebelumnya.
  3. Penelitian-penelitian manajemen pendidikan tinggi dan pelayanan kesehatan. Di harapkan ada Masyarakat Praktisi ini mampu mendorong adanya penelitian-penelitian mengenai hal ini.

Berbagai kegiatan tersebut akan dipergunakan untuk menyusun Policy Brief untuk pengambil kebijakan di berbagai Kementerian dan Pemerintah daerah yang berkepentingan, serta untuk para pengelola pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan. Disamping itu akan dipergunakan sebagai bahan untuk media massa yang tertarik untuk meliput situasi pendidikan spesialis dan sub-spesialis. Para anggota yang mendaftarkan diri akan mendapatkan alert setiap kali ada penambahan materi dan pertemuan yang diselenggarakan Masyarakat Praktisi.

Pendaftaran untuk menjadi anggota dalam Masyarakat Praktisi ini bisa melalui :

Angelina Yusridar / Hendriana Anggi

Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesi

Telp : +628111498442 / 08121518789
Telp Kantor : +62274580442
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website : www.pendidikankedokteran.net

 

Pendaftaran >>