Ucapan Idul Fitri Pendok

Kasatkornas: Segera Minta SK Satuan Banser Tanggap Bencana

Kepala Satkornas Barisan Ansor Serbaguna (Banser) H Alfa Isneini mengintruksikan kepada 60 peserta  anggota Banser Tanggap Bencana (Bagana) yang telah mengikuti Diklat Sahabat  Taruna Tanggap Bencana (Tagana) di Hotel Oval Surabaya, Jawa Timur, Sabtu malam (16/7).

Pertama, seluruh Kepala Satuan Bagana di Cabang-cabang segera minta Surat Keputusan (SK) kepada Satkorcabnya masing-masing dengan rekomendasi Ketua PC GP Ansor-nya.

Kedua, peserta diklat segera membentuk satuan Bagana di kabupatennya masing-masing dan melakukan kerja sama dengan dinas instansi terkait misalnya BNPBD.

“Jangan memble aja setelah pelatihan ini. Setelah sampai di cabang segera membentuk satuan Bagana,’’ tandas Alfa.

Selain itu, Kasatkornas minta semua peserta segera menginisiasi kegiatan di daerahnya masing-masing secara profesional. ”Banser harus kerja profesional.Tidak banyak bicara.Namun pekerjaannya bisa dirasakan oleh masyarakat,’’ tegas Alfa yang juga mantan Ketua PW GP Ansor Jawa Timur itu.

Sebagaimana diketahui Kementrian Sosial menjalin kemitraan dengan Bagana (Banser Tanggap Bencana) Jawa Timur untuk menggelaran pelatihan penanggulangan bencana. Ada 60 peserta yang ikut dalam kegiatan yang berlangsung tiga hari 14-16 Juli tersebut.

Setelah digembleng selama tiga hari, seluruh peserta dikukuhkan menjadi Sahabat Tagana (Taruna Tanggap Bencana) oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Bumi Marinir, Surabaya. (imam kusnin ahmad/abdullah alawi)