Ucapan Idul Fitri Pendok

Kedokteran Favorit di Seleksi Mandiri Unair

JAKARTA - Sesuai jadwal, hari ini pendaftaran online seleksi jalur mandiri Universitas Airlangga (Unair) akan ditutup. Jumlah peserta mencapai lebih dari 8.868 orang.

Berdasarkan data pendaftar, Rektor Unair, Prof Dr M Nasih, SE, MT, Ak mengatakan, program studi S-1 pendidikan dokter masih menjadi primadona. Tercatat ada 2.161 pendaftar pada prodi tersebut. Padahal, jumlah kuota yang tersedia hanya 75 kursi.

"Pada kelompok IPS, prodi akuntansi diminati oleh 548 orang, sedangkan kuota yang tersedia berjumlah 87 orang," tuturnya dilansir dari laman Unair, Kamis (14/7/2016).

Kendati demikian, Nasih menambahkan, sejumlah prodi masih kekurangan jumlah peminat. Oleh sebab itu, pihaknya memberikan perlakuan khusus, yakni dengan memperpanjang masa pendaftaran bagi prodi-prodi yang tidak banyak diminati pada jalur mandiri.

"Untuk jalur mandiri, beberapa prodi kita memang agak kurang, misalnya ilmu sejarah akan dipenuhi di SBMPTN. Karena peminat jalur mandiri pasti akan jarang. Kita akan coba terima dari pendaftar yang menempatkan pilihan kedua dan ketiga. Apabila memang masih kurang, kita akan coba buka pendaftaran lagi," ucapnya.

Unair sendiri juga menerima mahasiswa bidikmisi melalui jalur mandiri. Pendaftarannya dibuka mulai 12 sampai 19 Juli mendatang. Sedangkan persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh pendaftar bidikmisi jalur mandiri adalah peserta harus memiliki nomor bidikmisi.

Untuk pelaksanaan ujian mandiri, baik jalur bidikmisi maupun nonbidikmisi akan dilangsungkan bersamaan pada 24 Juli 2016. Ujian tertulis akan dilangsungkan secara paper based test yang meliputi tes potensi akademis dan tes prestasi akademis.(afr)