Ucapan Idul Fitri Pendok

Menristekdikti Dukung UIN Buka Fakultas Kedokteran

PEKANBARU- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menyambut baik rencana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim I (UIN Suska) Riau untuk membuka Fakultas Kedokteran.

"Tentu diproses ajuan untuk membuka Fakultas Kedokteran, dilihat kajiannya seperti apa. Sepanjang implementasinya baik, pendidikan baik, kesehatan baik menghasilkan perekonomian yang baik tentu saya dukung," ujar Mohamad Nasir saat melakukan kunjungan kerja di Kota Pekanbaru, Selasa.

Nasir mendukung berdirinya Fakultas Kedokteran untuk melahirkan tenaga profesional di bidang medis, apalagi pemerintah sangat membutuhkan dokter spesialis untuk mengisi rumah sakit daerah.

Namun, dia perlu menelusuri kajian-kajian pendirian fakultas-fakultas baru agar tidak menambah beban pengangguran.

"Kami akan kawal jika ingin buka Fakultas Kedokteran di Riau. Kita sangat ingin setiap perguruan tinggi termasuk UIN Suska berkonstribusi mencetak sumber daya manusia yang qualified," ujar Menteri.

Berbicara sebagai pemateri dalam Kuliah Kebangsaan di tengah seribuan Mahasiswa UIN, Menteri menekankan orientasi kebangsaan sangat penting dengan meningkatkan daya saing bangsa.

"Mahasiswa dipacu berinovasi melalui proses pembelajaran yang dilakukan dengan baik maka kita akan menuju yang namanya nasional kompetitif," ucapnya.

Nasir menambahkan di bawah kementerian yang dipimpinnya saat ini, publikasi jurnal dalam negeri ke dunia internasional meningkat pesat.

Pada 2017 ini, ada 13.729 jurnal yang dipublikasikan, telah dilihat oleh 120 juta orang di dunia sehingga menjadi upaya untuk mendorong agar kemajuan riset dalam negeri dikenal dunia luar.

Sementara, Wakil Gubernur Riau Whan Thamrin Hasyim mengatakan Pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh rencana UIN Suska Riau untuk membuka Fakultas Kedokteran yang sudah diancang-ancang sejak 2007 lalu, diharapkannya segera terwujud.

"Dokter masih kurang, kami perlu sarana untuk melahirkan dokter. Rencana dibentuknya Fakultas Kedokteran di UIN Suska sudah sejak 10 tahun lalu. Mudah-mudahan kedatangan pak Menteri memberi angin segar agar ini segera terwujud," kata Wan Thamrin.


Sumber: http://id.beritasatu.com/