dikdoklogo

4.000 Dokter Spesialis Anak akan Kumpul di Makassar

MAKASSAR-Sedikitnya 4.000 Dokter Spesialis Anak (Pediatric) akan melakukan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ilmu Kesehatan Anak VIII (PIT IKA VIII) di Makassar, Sabtu-Rabu (17-21/9/2016).

Pertemuan kali ini akan mengambil tema utama Improving Professional Competence for Pediatric Best Practice. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Sulsel ditunjuk sebagai tuan rumah sekaligus penyelenggara kegiatan ini.

Sebelumnya panitia hanya menargetkan 3.000 peserta. Tapi yang melakukan konfirmasi hadir sudah mendekati angka 4.000. Dan panitia memperkirakan yang hadir lebih 4.000 peserta.

Ketua panitia yang juga ketua IDAI Sulsel, Prof Dr dr H Dasril Daud SpA (K) mengatakan, tujuan utama kegiatan untuk meningkatkan kemampuan profesional para dokter dan tenaga medis dalam tugas sehari-hari sebagai praktisi medis.

Pasalnya, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, termasuk kesehatan anak, semakin cepat dan pesat.

“Tanpa mengikuti perkembangan terkini seorang dokter akan sulit menjalankan profesinya dengan baik untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan anak.” katanya, Selasa (13/9/2016).

Nantinya kegiatan ini diharapkan akan mengeluarkan rekomendasi untuk anak meliputi, bagaimana pelayanan kesehatan anak, paradigma baru 1.000 hari pertama kehidupan, immunologi, tumbuh kembang, kebjiakan pemerinyah, krisis medis dan sosial seperti vaksin palsu, dan sebagainya.

“ Ini yang paling utama adalah paradigma baru 1.000 hari pertama kehidupan anak.” kata Prof Dasril.

Sebelum memasuki kegiatan inti kegiatan tahunan ini akan diawali dengan Pelatihan Pra PIT, Sabtu-Minggu (17-18/9) di Grand Clarion Hotel & Convention.

Kegiatan utama (simposium) Senin-Rabu (19-21/9) di Grand Clarion Hotel & Convention. Lalu kegiatan pendamping berupa wisata kuliner dan wisata budaya di Makassar dan sekitarnya (19-20/9).

Untuk malam pembukaan akan di buka resmi Menteri Kesehatan RI dr Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) di Four Points Hotel by Sheraton Jl Landak Baru, Makassar.(*)

sumber: TRIBUN-TIMUR.COM

Pendidikan Kedokteran FK UGM © 2017