Dampak Pandemi COVID-19 Pada Pendidikan Kedokteran

Dampak Pandemi COVID-19 Pada Pendidikan Kedokteran

Pandemi virus corona telah menyebabkan gangguan besar pada sistem di seluruh dunia, termasuk pendidikan dan layanan kesehatan. Durasi dan skala dampak belum ditetapkan. Efek pandemi pada pendidikan kedokteran harus dikelola berdasarkan respons dini, pilihan pendidikan alternatif, dan perubahan serta tindakan di masa depan.

Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan gangguan besar pada sistem di seluruh dunia, termasuk pendidikan dan layanan kesehatan. Orang – orang bekerja keras untuk mengendalikan penyebaran virus, dan untuk menemukan pengobatan dan vaksinasi yang efektif.

Dampak negatif dari pandemi ini diperkirakan akan berlangsung lama, terutama karena perilaku dan patofisiologi virus tersebut belum dipahami dengan baik. Gelombang lain dari pandemi selama musim dingin masih mungkin terjadi. Oleh karena itu, tindakan segera dan jangka panjang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan serius yang dihadapi oleh pendidikan kedokteran dan layanan kesehatan selama beberapa bulan mendatang dan seterusnya.

Langkah – langkah ini harus didasarkan pada prinsip – prinsip tanggung jawab bersama di tingkat pribadi, lokal dan nasional, disamping memberikan pendidikan alternatif dan kesempatan belajar, dan pertimbangan serius untuk mengubah metode pendidikan dan pembelajaran kedokteran yang ada.

Artikel ini dipublikasikan pada 2020 di British Journal of Medical Education, selengkapnya https://www.magonlinelibrary.com/doi/full/10.12968/hmed.2020.0191

COMMENTS