dr.Fajar Sebut Pendidikan Kedokteran Juga Harus Diperhatikan Ketika Akan Memfokuskan Wisata Medis

dr.Fajar Sebut Pendidikan Kedokteran Juga Harus Diperhatikan Ketika Akan Memfokuskan Wisata Medis

DENPASAR – Selain pada promosi dan harga, masalah lainnya yang juga harus diperhatikan untuk perkembangan wisata medis yakni pada pendidikan kedokteran untuk SDM.

Menurut, Dr.dr.I.B.G. Fajar Manuaba, SpOG, MARS selaku Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Wilayah Bali masalah Pendidikan Kedokteran turut menjadi masalah.

“Masalah mendasarnya memang juga pada Pendidikan Kedokteran.

Kalau Singapura dan Malaysia Commonwealth Persemakmuran Inggris kan jadi format Pendidikannya distandariasi dengan Australia hingga standar juga dengan Inggris. Sehingga dengan mudahnya lulusan Singapura itu bisa mengambil Pendidikan spesialis di Australia karena ijazahnya diakui,” paparnya pada, Senin 17 Mei 2021.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan demikian pada Negara Filipina bekas jajahan Amerika, sehingga pendidikan medisnya memang berstandar Amerika, maka dari itu Filipina termasuk Negara yang terkenal mengekspor perawat dan juga dokter.

Sama halnya dengan Negara India, yang juga bekas jajahan Inggris sehingga di Negara Inggris banyak dokter-dokter yang berasal dari India.

“Sedangkan kita walaupun kita jajahan Belanda kan diputus tidak ada hubungan sehingga akhirnya kita selesai Pendidikan kedokteran dianggap mulai dari nol kalau melamar keluar negeri.

Dan mereka kan kelompok-kelompok ini sudah berkolaborasi, misalnya dari Australia tentunya tidak akan merujuk pasien ke Indonesia, pasti rujukannya seperti Singapura karena orang kan tahu standar Pendidikan di Australia dan Singapura, sama begitu juga pada Negara Malaysia karena sama-sama standar Inggris. Kita ini yang akhirnya menyendiri,” tambahnya.

Sementara pada Negara Thailand memang melonggarkan warganya untuk bersekolah keluar negeri.


Sumber: https://bali.tribunnews.com/2021/05/17/drfajar-sebut-pendidikan-kedokteran-juga-harus-diperhatikan-ketika-akan-memfokuskan-wisata-medis

COMMENTS