RSUI dan JICA Jalin Kerja Sama Rumah Sakit Tanggap Covid-19

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka ruang perawatan baru khusus untuk penanganan pasien Covid-19 yang dilengkapi dengan ruang intensif dan ruang isolasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menjalin kerja sama dengan Badan Kerja Sama Internasional Jepang atau lebih dikenal dengan nama JICA (Japan International Cooperation Agency) dalam peluncuran proyek berjudul “Tanggap Covid-19 Rumah Sakit” khususnya di wilayah Kota Depok dan sekitarnya.

Direktur Utama RSUI, dr. Astuti Giantini mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan wujud tanggung jawab RSUI untuk memberikan dukungan kepada rumah sakit lainnya dalam mengadakan pelatihan dan seminar tenaga kesehatan yang profesional, khususnya dalam penanganan Covid-19.

“Penyakit Covid-19 membutuhkan penanganan yang komprehensif dan kolaborasi yang baik antarprofesional. Kerja sama ini sangat membantu kami dalam mengadakan pelatihan dan seminar yang bermanfaat untuk penanganan Covid-19 nantinya,” kata Astuti dalam siaran pers yang diterima Beritasatu, Senin (1/2/2021).

Astuti menambahkan, pelatihan dan seminar tidak hanya ditargetkan untuk para profesional tenaga kesehatan tetapi juga untuk nontenaga kesehatan. Bahkan, pihaknya berharap kerja sama tersebut juga dapat meningkatkan layanan kesehatan yang lebih baik kepada pasien Covid-19.

Selain itu, ini juga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga kesehatan baik di RSUI maupun untuk rekanan rumah sakit yang tergabung di bawah Jejaring Akademik Layanan Kesehatan Depok atau Depok Academic Health Care Network (DAHCN).

Sementara itu, Kepala Perwakilan JICA Indonesia Office, Shigenori Ogawa menuturkan, JICA sebagai lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang, memiliki komitmen dalam memperkuat sistem kesehatan dan medis melalui penyediaan peralatan maupun pengembangan sumber daya manusia.

Shigenori menuturkan, kerja sama ini merupakan salah satu inisiatif JICA dalam menangani pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

“Penyebaran Covid-19 yang cepat dan luas mengancam kesehatan dan mata pencaharian masyarakat di seluruh dunia. Oleh karena itu, kami dari JICA memiliki inisiatif untuk membantu dan mendukung dalam rangka memulihkan kesehatan dan pengobatan secara global terutama untuk negara yang termasuk mitra kami,” ujarnya.

Adapun bentuk dukungan JICA meliputi memperkuat sistem perawatan, meningkatkan sistem penelitian dan peringatan penyakit menular, dan mempromosikan pencegahan penyakit menular.

“Kami berharap kerja sama antara UI, RSUI, dan JICA dapat terus terjalin dengan kuat dan RSUI dapat menjadi rumah sakit yang memimpin di bidang pendidikan kedokteran dan penelitian di Indonesia serta memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat lokal, Depok dan sekitarnya,” kata Shigenori.

Sumber: BeritaSatu.com

COMMENTS