Sesi 4. Pengantar dan Pembukaan Workshop dan Pembukaan Blended Learning Manajemen Residen dalam Era Jaminan Kesehatan Nasional

Sesi ini dibuka dengan video pengantar blended learning ASM Residen dari Prof. Laksono Trisnantoro, PhD. Kemudian, Dr. Dwi menjelaskan beberapa hal, yaitu kegiatan blended workshop residen akan dilakukan dalam tim untuk mendukung unit pengiriman residen. Tanggal 17 Maret 2014 bahan akan diupload untuk minggu pertama. Selama minggu itu, diharapkan RS Mitra A yang menjadi peserta bersedia melakukan self learning, tatap muka, webinar, penugasan pada Kamis sore untuk dikirim ke pengelola. Kemudian, tanggal 21 Maret 2014narasumber dari Yogya, webinar-modul pendalaman materi dan pembahasan penugasan dari peserta. Tanggal 21 sore materi untuk minggu berikutnya diupload (minggu kedua). Rangkaian ini akan berakhir pada 11 April.

Kelebihan webinar ini tepat untuk massal, webinar mampu mencakup banyak peserta. Kemudian, webinar bersifat Eksklusif karena melalui undangan untuk bergabung dalam satu kali pertemuan online webinar.

dr. Andre menambahkan isu strategis yang diangkat ialah pengiriman residen untuk menambah nakes di daerah sulit-administrasi-legal-profesional. Residen harus dimanfaatkan dan terintegrasikan di kurikulum pendidikan.

Penutup disampaikan oleh Putu Eka Andayani, Mkes, pejabat sementara pengganti direktur, diseminasi ilmu ke pihak lain yang membutuhkan. PKMK FK UGM berupaya membantu berbagai kapasitas SDM dan kelembagaan di kesehatan pusat dan daerah.