Menkes Berangkatkan Tim Nusantara Sehat Gelombang I

pusdikes

PKMK - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila FA Moeloek akan memberangkatkan 45 Tim Nusantara Sehat (NS) Gelombang I, dari total 130 Tim NS selama kurun 2016. Mereka akan bertugas di 45 Puskesmas di 29 kabupaten yang tersebar di 15 provinsi.

Sebelum keberangkatan, Tim NS menerima pembekalan yang diharapkan mampu bekerja dengan baik di wilayah tugasnya, di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

" Pembekalan yang diberikan terdiri dari bela negara, penguatan program, pengembangan diri serta pelayanan medis dan komunitas," kata Menkes Nila FA Moeloek di depan 225 orang anggota Tim NS Gelombang I, di Pusdikkes Kodiklat TNI AD, Jakarta, Senin (18/4).

Dijelaskan, program NS merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan pemerintah  untuk mewujudkan cita-cita perbaikan kesehatan. Program itu dirancang guna mendukung pelaksanaan program kesehatan, yang dimulai dengan "membangun" daerah pinggiran guna memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Program NS didasari atas  kajian Kemenkes tentang distribusi tenaga kesehatan 2012 yang merekomendasikan penempatan tenaga kesehatan untuk daerah tertentu akan lebih baik jika dilakukan berbasis tim. 

“Program NS diharapkan dapat menjadi mekanisme efektif untuk memperkuat pelayanan primer, terutama di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK) serta daerah bermasalah kesehatan (DBK),” ujar Nila.

Disebutkan, rencana jangka menengah Kementerian Kesehatan salah satunya adalah Penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) primer. Kebijakan itu didasari permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. 

"Penguatan Yankes Primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat,  yang berfungsi selain memberi layanan kesehatan juga melakukan tindakan preventif atau pencegahan penyakit secara luas,"tuturnya.

Ditambahkan, penguatan Yankes Primer mencakup tiga hal yaitu fisik (pembenahan infrastruktur), sarana (pembenahan fasilitas), dan sumber daya manusia (penguatan tenaga kesehatan selain dokter). Penguatan dilakukan antara lain melalui penempatan tenaga kesehatan berdasarkan tim. 

"Tim Nusantara Sehat diharapkan mampu menjadi ujung tombak layanan kesehatan di perbatasan NKRI dengan berbekal disiplin, loyalitas, dedikasi dan jiwa korsa," ucap Nila menegaskan.

Selain itu, Menkes menambahkan, Tim NS juga harus memiliki semangat  pantang menyerah di tempat tugasnya, guna memberi layanan kesehatan paripurna. (TW)