Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran USM Dimulai

SEMARANG – Pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Universitas Semarang mulai dikerjakan. Ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh  Ketua Badan Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Ir Joetata Hadihardaja di Jalan Arteri Soekarno Hatta Semarang, Rabu (30/12).

Nantinya gedung kelima ini akan mempunyai enam lantai untuk dekanat dan laboratorium, dengan target selesai pada akhir Juli 2016.

Prof Ir Joetata Hadihardaja mengatakan, banyak hal yang dipersiapkan untuk membuka fakultas kedokteran. Pasalnya beberapa syarat cuku berat dilakukan, salah satunya mempersiapkan tenaga dokter  berjumlah 26 dokter non PNS yang terdiri atas 16 dokter spesialis dan 10 dokter umum.

“Menyiapkan dokter tidak boleh PNS dalam tempo tiga bulan itu tantangan sangat berat,” katanya.

Sementara itu untuk mendirikan fakultas kedokteran baru juga harus mempunyai fakultas kedokteran pembina dan rumah sakit pembina. Untuk itu USM menjatuhkan pilihan ke fakultas kedokteran Unissula dan Rumah Sakit Kendal sebagai rumah sakit pembina.

Lebih lanjut dikatakan Joetata, pada periode Oktober-Desember pihaknya menyiapkan dosen, rumah sakit pembina dan pendirian gedung fakultas serta seluruh kelengkapan izinnya.

“Jika izinnya belum keluar sementara gedung sudah jadi ya dipakai untuk fakultas lain menunggu izin turun,” tuturnya.

Sementara itu, sesuai aturan yang berlaku, diberi kesempatan delapan tahun untuk mendirikan rumah sakit sendiri dan pihaknya sudah menyiapkan tanah di dekat MAJT seluas 1,3 hektar.

sumber: suaramerdeka.com