Indonesia Akan "Panen" Dokter Spesialis pada 2017

Jakarta - Persoalan masih sedikitnya jumlah dokter spesialis di Indonesia yang baru sekitar 25.000 akan mulai teratasi pada 2017 mendatang.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPP-SDMK) Kementerian Kesehatan (Kemkes) Usman Sumantri mengemukakan, saat ini Kemkes tengah menyiapkan ribuan dokter spesialis yang sebagian besar akan menyelesaikan pendidikannya pada 2017.

"Pendidikan dokter spesialis itu kan butuh waktu empat tahun. Jadi kalau tahun ini programnya mulai berjalan, kita akan 'panen' dokter spesialis pada 2017. Jumlahnya sampai dengan 2018 nanti ada sekitar 5.800 dokter spesialis," kata Usman di Jakarta, Rabu (17/12).

Dijelaskan Usman, akan ada tujuh spesialis yang nantinya akan ditempatkan di rumah sakit yang selama ini belum memiliki tenaga dokter spesialis, antara lain spesialis bedah, anak, kebidanan, radiologi, anastesi, dan patalogi klinik.

"Para dokter spesialis ini nantinya akan memenuhi seluruh rumah sakit kelas C yang ada di daerah. Mereka akan terikat kontrak antara 3-4 tahun. Namun setelah kontraknya selesai, mereka masih bisa melanjutkannya kembali," kata Usman.

sumber: beritasatu
Penulis: Herman/LIS