Penuhi Kebutuhan Dokter, UMG Buka Fakultas Kedokteran

GRESIK  – Memenuhi kebutuhan permintaan ahli kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) pada 2018 ini berencana membuka Fakultas Kedokteran (FK). Tak tanggung-tanggung, kampus di Perumahan GKB itu langsung mengarap tiga program studi (Prodi) yakni, Kedokteran Umum, Keperawaran, dan Rekam Medis.

 

Kepala Biro Akreditasi UMG Sri Suryanti mengungkapkan, keinginan membuka FK dilatari kebutuhan tenaga dokter yang belum tercukupi. Di Jawa Timur misalnya, jumlah dokter baru mencapai 37 persen dari jumlah penduduk. “Jadi, banyak dokter yang jam kerjanya overload,” ujarnya, Senin (1/1/2017).

Untuk itulah, pendirian FK di UMG menjadi salah satu upaya memenuhi kebutuhan akan dokter. Kendati untuk mewujudkannya membutuhkan biaya yang tinggi, namun itu sudah merupakan bagian dari komitmen dan tanggung jawab perguruan tinggi.

Perempuan yang juga alumnus UMG itu mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kopertis wilayah VII di Surabaya. Beberapa kebutuhan berkas dan dokumen telah dilengkapi. Tinggal tenaga pengajar serta sarana dan prasarana yang masih diupayakan. “Nanti dibangun 17 lantai. Masih proses,” katanya.

Untuk tenaga pengajar, UMG menggandeng sejumlah rumah sakit. Di antaranya, RS Muhammadiyah Gresik, RS Lavalette Malang, dan RSUD Bojonegoro. “Khusus untuk RSUD Ibnu Sina, pihaknya menjalin kerja sama dalam bentuk yang lain. Untuk jelasnya nanti kita kabari,” tandasnya.

--https://duta.co/--