UGM Kembali Menghasilkan Profesor di Bidang Pendidikan Kedokteran

Guru Besar Prof. dr. Gandes Retno RahayuSelasa, 2 April 2019 adalah hari yang begitu menggembirakan bagi Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK - KMK) UGM, khususnya Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika. Dengan begitu khidmat, dilaksanakan acara Pengukuhan Guru Besar Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., PhD yang berlangsung di Balai Senat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dihadiri oleh keluarga, civitas akademika, kolega, dan tamu undangan lain mengisi penuh ruangan Balai Senat UGM.

Dengan mengangkat judul “Adaptasi Pendidikan Kedokteran dalam Mendidik Dokter Masa Depan”, Gandes menyampaikan pidatonya dengan penuh energi dan inspirasi. Dalam pidatonya, Gandes menyampaikan tentang perubahan - perubahan dalam pendidikan kedokteran masa mendatang, diantaranya : perubahan pola dan penanganan penyakit secara global, perubahan pasien, pemahaman baru terhadap proses belajar, perubahan karakteristik mahasiswa kedokteran, laju evolusi teknologi informasi yang sangat cepat, dan laju evolusi teknologi kedokteran. Dengan berbagai perubahan dan kemajuan tersebut, lulusan pendidikan kedokteran diharapkan mampu menjadi medical expert, communicator, collaborator, leader, health advocate, scholar dan professional, serta tidak pernah berhenti belajar sepanjang hayat.

Critical Appraisal: Seputar Problem - Based Learning Tutors

Kegiatan belajar bersama Critical Appraisal artikel jurnal kali ini dilakukan oleh mahasiswa Program Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK - KMK) UGM diselenggarakan pada 8 April 2019 di R. Kuliah Lt. 6 Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika, Gd. Radioputro,FK - KMK UGM kali ini mendiskusikan sebuah artikel dalam jurnal yang berjudul “What Can We Learn from Problem - Based Learning Tutors at a Graduate Entry Medical School? A Mixed Method Approach”. Artikel ini telah dipublikasikan dalam Jurnal BMC Medical Education secara Open Access. Critical Appraisal kali ini menggunakan Mixed Methods Appraisal Tools (MMAT) 2016 dengan 17 pertanyaan disertai jawaban berdasarkan penilaian presenter.

Diskusi Pembelajaran Jarak Jauh di UGM

pjj 22 januari 6Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK – KMK) menginisiasi diskusi pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada Januari 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengawal pembentukan program studi PJJ di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Jika menilik pengalaman, terdapat dua program studi yang sudah melaksanakan PJJ di UGM, yaitu Teknik Mesin dan Manajemen Rumah Sakit. Sejalan dengan diskusi ini, Pusat Inovasi dan Akademik (PIKA) UGM telah menerbitkan kebijakan per Februari 2019, seluruh dosen UGM dibekali akun WebEx Cisco. Harapannya akun ini dapat memfasilitasi kelas secara daring ke depannya. Laporan ini ditulis oleh dua dosen muda Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, FK – KMK.

Selengkapnya silahkan klik link dibawah ini:

Reportase 10 Januari 2019 >

Reportase 22 Januari 2019 >

Reportase 31 Januari 2019 >


Reportase Diskusi Outlook 2019: SDM Kesehatan (Khusus Dokter)

PKMK – Yogya. Pada Kamis (17/1/2019) PKMK menyelenggarakan diskusi outlook terkait ketersediaan dokter di daerah. Sejumlah pembicara dan pembahas mengisi sesi kali ini, baik secara langsung maupun webinar. Tema yang diangkat kali ini ialah masa depan dokter umum di era JKN: bagaimana kesempatan bekerja untuk dokter umum?


Sesi 1

Sesi ini dibuka oleh Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS dengan paparan ] latar belakang pemilihan isu dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dokter gigi spesialis adalah karena profesi ini masih memiliki masalah mendasar dari sisi ketersediaan. Penyelenggaraan outlook kali ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya, yaitu dikemas dalam acara talk show yang memungkinkan dialog interaktif antar pembicara dan pembahas serta peserta. Penyampaian momen penting RPJMN yang mewarnai tahun ini dan realitas dunia kesehatan 2018 (over producing for GPs, isu kualitas, distribusi, isu multitasking dan dual job, menyisakan empat pertanyaan kunci pada 2019, yaitu: