Menciptakan Komitmen Profesional Sebagai Upaya Peningkatan Etika Profesional Dokter dan Perawat

Misi keperawatan yaitu untuk menyediakan layanan perawatan kesehatan berkualitas tinggi dan menjaga serta meningkatkan kesehatan masyarakat (Joolaee, 2010). Etika profesional dianggap sebagai elemen penting dari semua profesi kesehatan, termasuk keperawatan. Hasil penelitian di bidang keperawatan menyebutkan bahwa perawat menghadapi berbagai masalah selama pekerjaan mereka (Silen, 2008). Komunikasi yang buruk antara dokter, perawat dan pasien merupakan bagian utama dari masalah etika yang paling banyak terjadi, yang dapat menyebabkan pelanggaran hak - hak pasien (Sadeghi, 2011). Dengan demikian, masalah etika harus dianggap serius sebagai persyaratan dasar. Di sisi lain, pendekatan yang paling komprehensif dan lengkap untuk mengamati standar etika adalah pendekatan kualitatif dimana peserta berbagi pengalaman mereka.

Pada kegiatan diskusi bersama dengan pendampingan dosen (Critical Appraisal) yang dilakukan oleh mahasiswa Program Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan FK - KMK UGM pada 17 September 2018 di Ruang Kuliah Gd. Radioputro Lt. 6 FK - KMK UGM yang merupakan kegiatan peningkatan kapasitas akademik mahasiswa, dilakukan diskusi terhadap artikel Jurnal yang berjudul “Factors Affecting Professional Ethics in Nursing Practice in Iran: A Qualitative Study.” yang diambil dari Journal BMC Medical Ethics. Tema pada artikel jurnal tersebut menarik untuk dibahas karena penelitiannya bertujuan untuk mengeksplorasi dan menjelaskan factor - faktor yang mempengaruhi etika profesional dalam praktek keperawatan di Iran, dimana penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lanjutan dengan setting keperawatan di Indonesia melalui penyesuaian kriteria sampel, dan lain - lain.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jumlah sampel 30 orang perawat yang dipilih secara purposive sampling dengan kriteria minimal 5 tahun pengalaman di klinik rumah sakit afiliasi Jahrom University of Medical Sciences, Iran. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam (in-depth interview), sedangkan tools appraisal yang digunakan dalam critical appraisal tersebut adalah CASP Penelitian Kualitatif dengan 10 pertanyaan yang disertai jawaban berdasarkan penilaian presenter.

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah akuisisi etika profesional difasilitasi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor - faktor ini dapat menyebabkan norma dan standar yang sah mengatur perilaku profesional perawat dalam hubungan mereka dengan pasien. Selain itu, komunikasi yang baik diantara anggota pelayanan kesehatan, peningkatan prasyarat organisasi, sistem pendukung yang tepat dan pengembangan pendidikan dan budaya dapat mengarah pada pengamatan etika profesional dalam praktik klinis. Saran penelitian lanjut tentang etika profesional dokter bisa dijadikan bahan penelitian lanjutan.

Selengkapnya >