• sCHOLARSHIPS AVAILABLE
  • diskon 75
  • diskon 50

Pengaruh Penilaian Sebaya terhadap Kerja Tim dan Kemampuan Penilaian Diri dalam Kerja Kelompok Kolaboratif

Pada 22 April 2019 lalu  dilaksanakan kegiatan belajar bersama dengan pendampingan dosen oleh mahasiswa Program Magister Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK - KMK UGM dalam bentuk diskusi Critical Appraisal (CA) sebuah artikel jurnal yang dipublikasikan oleh Assessment & Evaluation in Higher Education berjudul “ The Effects of Peer Judgements on Teamwork and Self - Assessment Ability in Collaborative Group Work”. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin di Ruang Kuliah S2 Gedung Radioputro Lt. 6 kali ini mengangkat isu penting bahwa kesuksesan dan kegagalan suatu kolaborasi kelompok adalah efek dari intervensi umpan balik dari teman kerja (peer). Penelitian dalam jurnal tersebut dilakukan dalam upaya menggali umpan balik dari teman kerja untuk meningkatkan perilaku, kemampuan penilaian diri sendiri dan dalam teamwork-nya. Metode yang digunakan adalah desain penelitian retrospektif dengan analisis  data rating mahasiswa dan data umpan balik dari 98 mahasiswa program bisnis pada 2 unit undergraduatestudents dan 1 unit postgraduatestudent pada sebuah universitas di Australia selama 2 trisemester (2014 dan 2015).

Hasil penelitian dalam jurnal tersebut menyebutkan bahwa umpan balik positif memiliki pengaruh pada penilaian diri sendiri (self assessment), tetapi tidak pada teamwork, sedangkan umpan balik negatif atau tanpa persiapan tidak efektif, karena umpan balik negatif memberikan dampak negatif ke self-assessment-nya.

Beberapa masukan juga disampaikan oleh mahasiswa S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran FK - KMK UGM terkait artikel jurnal tersebut, antara lain saran dilakukannya penelitian terpisah untuk melihat pengaruh kelompok mahasiswa undergraduate dan postgraduate dalam variabel , penelitian dalam jumlah sampel yang lebih besar dan secara longitudinal prospective untuk mengevaluasi efek jangka panjang dari umpan balik terhadap teamwork dan self-assessment.

Salah satu lesson learned yang didapatkan dari penelitian tersebut adalah perlu dilakukannya adaptasi terhadap artikel yang tidak berasal dari konteks kedokteran, karena mungkin saja hal yang cocok untuk pendidikan kedokteran sudah teruji di ranah lain, sehingga dapat meningkatkan daya inovasi sebagai pendidik. Memang perlu adjustment di banyak titik untuk mengadaptasinya, bagaimana cara menilai kelompok, sebaya dan diri sendiri dan dapat bernilai pembelajaran bagi mahasiswa kedokteran.

SELENGKAPNYA >>