Pendidikan Medis Berbasis Komunitas dari Perspektif Mahasiswa Gezira

Jurnal ini diterbitkan di Journal of Medical Education, Vol. 17 No. 4 (2018). Pendidikan berbasis masyarakat (CBE) adalah sarana untuk mencapai relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat. Pelatihan Lapangan Terpadu, Penelitian dan Pengembangan Pedesaan Program (IFTRRD) adalah kursus yang dirancang untuk mencapai CBE di Fakultas Kedokteran, Universitas Gezira sejak didirikan pada 1978.

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari CBE dari perspektif mahasiswa kedokteran Gezira mengenai kursus IFTRRD. Dalam studi cross-sectional ini, 244 mahasiswa kedokteran di Universitas Gezira yang aktif berkuliah pada 2016 - 2017. Sebagian besar peserta sepakat bahwa keterampilan kerja tim dan kepemimpinan mereka telah meningkat (masing-masing 82% dan 78,3%). Selain itu, 96% siswa setuju bahwa tinggal di pedesaan membantu mereka terlibat dengan masyarakat. Sekitar 91% mengidentifikasi masalah kesehatan dan terkait kesehatan di desa dan 50% di antaranya melakukan intervensi. Sekitar 45,9% mencapai 75% dari filosofi akuntabilitas sosial.

Para siswa memperoleh keterampilan komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan. Selain itu, mereka mencapai filosofi universitas dalam akuntabilitas sosial. Mereka juga mengidentifikasi masalah masyarakat dan melakukan intervensi yang sesuai.

Selengkapnya >>