Pelatihan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal untuk Institusi Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan

Di tingkat ASEAN, telah disepakati bahwa pada 2015 akan terbentuk ASEAN Community dimana terjadi mobilisasi barang dan jasa secara bebas. Pendidikan dokter dan profesi kesehatan serta pelayanan kesehatan adalah jasa. Hal ini bisa kita lihat sebagai ancaman, dengan masuknya dokter, perawat, bidan dan profesi kesehatan lain dari negara lain ke Indonesia. Tetapi bisa pula kita anggap sebagai peluang bagi lulusan Indonesia untuk bisa bersaing dan bekerja di negara lain. Di tingkat internasional, pengakuan terhadap mutu pendidikan merupakan hal yang penting dengan adanya globalisasi yang membuka mobilisasi jasa dan barang secara bebas melintasi batas negara. Untuk bisa menghasilkan lulusan yang bermutu, maka institusi pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan perlu mengembangkan sistem penjaminan mutu internal secara sungguh - sungguh.

Pelatihan Penilaian Berbasis Kompetensi: Merancang Penilaian Pengetahuan (Kognitif) dengan WE PASS with A

Penilaian kognitif adalah bagian penting dalam penilaian kompetensi mahasiswa kedokteran dan profesi kesehatan lainnya. Berbagai metode telah dikembangkan untuk dapat menilai kemampuan kognitif mahasiswa. Pilihan ganda (multiple choices question/MCQ), essay, modified essay questions (MEQ), jawaban singkat (short answer), dan menjodohkan adalah beberapa metode yang telah banyak digunakan untuk menilai kemampuan kognitif mahasiswa. Perancangan suatu sistem penilaian kognitif harus memperhatikan beberapa prinsip dasar, antara lain: (1) sesuai dengan tujuan pendidikan atau kompetensi yang akan diukur (fitness for purpose); (2) reabilitas (reliable); (3) keterlaksanaan (feasibility); (4) komprehensif (comprehensive); (5) keterbukaan (transparency); (6) keadilan (fairness); (7) dapat dibandingkan (comparability); (8) refleksi (reflection); dan (9) dampak terhadap pembelajaran mahasiswa (impact on learning). Untuk memenuhi prinsip perancangan dan penerapan dam penilaian belajar mahasiswa, termasuk penilaan kognitif, kami telah mengembangkan pendekatan komprehensif dalam merancang penilaian belajar mahasiswa, WE PASS with A.

Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif 19 - 20 Juni 2019

Active learning banyak keuntungannya antara lain mahasiswa lebih terlibat dalam proses belajarnya, mampu untuk menilai kebutuhan belajarnya sendiri dan mengambil peran aktif dalam memenuhinya. Active learning membuat mahasiswa lebih bertanggung jawab dalam proses belajarnya dibandingkan hanya bergantung pada dosen sebagai sumber informasi.

Ada proses kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan mahasiswa. Departemen Pendidikan Kedokteran FK – KMK UGM menginisiasi pelatihan pembelajaran aktif ini pada 19 – 20 Juni 2019 di Gedung Radioputro, FK – KMK UGM.

Download Leaflet >

Webinar Kuliah Umum: Integrasi Penulisan untuk Publikasi

Profesionalisme dalam publikasi karya ilmiah merupakan salah satu faktor yang mendukung integritas akademik sebuah perguruan tinggi. Bagaimana seorang mahasiswa memahami tentang konsep profesionalisme di dalam publikasi karya ilmiah, menerapkan, serta mengenali pengaruhnya terhadap integritas akademik dan tindakan apa saja yang termasuk dalam research misconduct merupakan tujuan dari Kuliah Tamu yang diselenggarakan secara webinar dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat oleh Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM. Kegiatan dilaksanakan pada 15 Mei 2019 pukul 13.00 WIB.

Materi Pendaftaran | Webinar ID: 342 454 771