Cara Kampus Kolaborasi Kembangkan Pendidikan Dokter

(kika) Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Intan Ahmad, Rektor UI, Gubernur Papua Barat, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na'im, Rektor Unipa.

Kualitas lulusan dokter tanah air tak boleh kalah dengan negara asing. Dalam rangka mendukung terciptanya pendidikan kedokteran yang bermutu, Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Universitas Papua (Unipa) serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat. Caranya melalui kegiatan pembinaan dan pengampuan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unipa.
Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis, dan Rektor Universitas Papua Jacob Manusawai, di Gedung D Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

“Diharapkan melalui terselenggaranya kerjasama antar Pemerintah Provinsi Papua Barat, UI dan Unipa ini maka dapat mewujudkan pendidikan kedokteran yang bermutu yang pada akhirnya mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Papua Barat," kata Rektor UI Muhammad Anis, Jumat (28/7).

Perjanjian kerjasama ini merupakan kelanjutan Perjanjian Kerjasama yang telah disepakati pada tahun 2014. No. 629/UN.42/KS/2014; 140/PKS/FK/UI/2014; 552/767 antara Universitas Papua, Universitas Indonesia dan Pemerintah kabupaten Sorong. Saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Papua dalam pengampuan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah memiliki 3 angkatan mahasiswa.

Ketiga pihak yang terlibat dalam perjanjian yang difasilitasi oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini, telah menyepakati untuk mengembangkan pendidikan kedokteran di Universitas Papua yang memiliki keunggulan di bidang ilmu penyakit tropik dan infeksi, travel medicine, dan kedokteran kelautan.

Sebelumnya, FKUI telah menjalankan amanat pengampuan di sejumlah Fakultas Kedokteran di Indonesia diantaranya Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Bengkulu, Universitas Palangkaraya dan lainnya. Keberhasilan pengampuan ini akan mampu menciptakan pemerataan pendidikan kedokteran yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Nasional Pendidikan Kedokteran.

Pengampuan yang FKUI berikan kepada Program Studi Pendidikan Dokter Unipa meliputi pembinaan atau pelatihan terhadap dosen (tenaga akademik), pembinaan dalam menyelanggarakan kegiatan akademik bagi peserta didik, menetapkan penilaian kelengkapan dan/atau persyaratan administrasi dan/atau ujian seleksi masuk calon mahasiswa. Program Studi Pendidikan Dokter FK Unipa, menyediakan kurikulum atau modul yang diberikan kepada peserta didik dan pembinaan manajemen sistem kegiatan akademik.

SUMBER