Fakultas Kedokteran UMSU Terus Berbenah

MEDAN| Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP mengatakan, UMSU terus berbenah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya kedokteran.

Hal tersebut dikarenakan tuntutan kebijakan moratorium untuk program studi (prodi) kedokteran gigi dan pendidikan profesi dokter gigi yang penangguhannya diberlakukan sejak 2011 hingga sekarang.

Agussani mengatakan, Fakultas Kedokteran UMSU yang menggunakan Kampus 1 di Jln Gedung Arca Medan, kini menjadi salah satu Fakultas Kedokteran yang diminati calon mahasiswa. Untuk menjadi mahasis Faked UMSU ini, harus melewati proses yang ketat karena banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar.

UMSU mempunyai tenaga yang sudah mumpuni disamping tetap menyekolahkan tenaga-tenaga yang siap mengabdi kepada UMSU. Soal tenaga spesialis, menurut rektor, pihaknya tidak mengambil dan mencoba dari orang lain. Akan tetapi, Agussani menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan.

“Saat ini UMSU sedang sekolahkan dosen S2, spesialis dan dokter. Ini nanti akan mengisi pendidikan kedokteran di fakultas kedokteran,” ungkapnya.

Tentang kesiapan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), disebutkan Agussani, pihaknya tinggal mempersiapkannya saja. “Kita sudah siap dengan menghadapi itu, dengan penyesuaian BAN PT saja. Bahkan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) 2015,” jelasnya.

Fakultas Kedokteran UMSU merupakan salah satu fakultas yang berada pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang berada di wilayah Indonesia bagian Barat, membuka berbagai jurusan atau program studi yang diantaranya adalah pendidikan dokter atau jurusan kedokteran.

“Sebagai bagian dari amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, UMSU bertekad menjadikan Wacana Keilmuan dan Keislaman” sebagai filosofi penyelenggaraan dan pengembangan institusi pendidikan tinggi,” jelasnya.

Penyelenggaraan dan pengembangan UMSU berusaha mengintegrasikan antara nilai-nilai keilmuan keislaman sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman.

Sedangkan eksistensi UMSU kedepan ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Untuk memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut.

Untu itu kata rektor, UMSU perlu secara terus-menerus mempertinggi daya saing dan daya juang guna mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan berdasarkan landasan filosofi dan pemikiran. “UMSU merumuskan visi, misi dan tujuan penyelenggaraan dan pengembangannya yang ingin diwujudkan,” paparnya.

Sementara untuk akreditasi Program Studi Kedokteran UMSU bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 030/BAN-PT/Ak-SURV-III/S/XII/2012 Tahun 2012 yang berlaku s.d. tanggal 27 Juli 2017. (ucup/B)