Kesehatan Mental dari Mahasiswa Kedokteran Pada Level Pendidikan yang Berbeda

Dalam beberapa dekade terakhir, perhatian terhadap tekanan psikologis di kalangan mahasiswa kedokteran semakin meningkat. Stres diantara mahasiswa kedokteran dan residen telah diteliti dalam beberapa penelitian. Pada awal sekolah kedokteran, mahasiswa kedokteran memiliki kesehatan mental yang mirip dengan rekan - rekan non medis, tetapi penelitian yang sering menunjukkan bahwa kesehatan mental siswa memburuk selama pelatihan medis.

 

Penyebab stres yang umum termasuk: penyesuaian dengan lingkungan sekolah kedokteran, hutang pendidikan, beban kerja yang berat, kurang tidur, pasien yang sulit, lingkungan belajar yang buruk, masalah keuangan, informasi yang berlebihan dan perencanaan karir. Stres ini dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih berat, seperti kecemasan, depresi, gangguan kinerja akademis, gangguan kompetensi, kesalahan medis dan gesekan dari sekolah kedokteran.

Tekanan psikologis tampaknya umum terjadi pada mahasiswa kedokteran dan sangat bervariasi menurut jenis kelamin dan tingkat pelatihan. Kesejahteraan psikologis mahasiswa kedokteran perlu ditangani dengan lebih hati-hati, dan memberikan perhatian yang lebih dekat untuk menghilangkan faktor risiko sangat penting untuk mencegah akibat yang merugikan.

Artikel lengkap : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3399312/