Penerapan Reflective Writing dan Pengalaman Belajar Mahasiswa Kedokteran di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer

Pendidikan kedokteran memainkan peranan penting dalam menumbuhkan kemauan mahasiswa kedokteran untuk bekerja di daerah rural (pedesaan) dan kurang mampu setelah mereka lulus. Pembelajaran yang dilakukan di pusat - pusat pelayanan kesehatan primer (primary health care) seperti puskesmas, balai kesehatan, dan lain - lain dapat membantu mahasiswa agar lebih memahami peluang dan tantangan yang harus mereka hadapi di kemudian hari di daerah tersebut. Namun informasi dan pengalaman yang didapatkan melalui pengalaman dan refleksi oleh mahasiswa kedokteran pada saat pelayanan di daerah pedesaan dari sebuah negara miskin seperti Nepal, Bangladesh, Pakistan, dan negara Asia selatan lain masih sangat terbatas.

 Pada 2 Desember 2019 diadakan kegiatan diskusi bersama dengan pendampingan dosen yang dilakukan oleh mahasiswa Program Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan (S2-IPK) FK-KMK UGM di Ruang Kuliah Gedung Radioputro Lt. 6 Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM untuk membahas sebuah artikel yang berjudul “Learning from Primary Health Care Centres in Nepal: Reflective Writings on Experiental Learning of Third Year Napalese Medical Student” yang diterbitkan oleh Jurnal BMC Research Notes. Tujuan penelitian dalam jurnal tersebut untuk memaparkan tentang proses pembelajaran mahasiswa kedokteran di Nepal melalui penulisan refleksi  (reflective writing) yang dibuat mahasiswa menggunakan Kolb’s theory  of Experential Learning. Jumlah lulusan kedokteran di Nepal mulai meningkat, namun sebagian besar masih terkonsentrasi di daerah perkotaan.

Metode penelitian dilakukan melalui tulisan mahasiswa tentang refleksi pengalaman belajar dan pengamatan di primary health care (PHC) pada buku catatan individu (log-book) sebagai bagian dari tugas yang dianalisis dan disusun ke dalam empat tahap siklus belajar Kolb’s sebagai kerangka teoritis. Critical Appraisal dari artikel ini menggunakan ‘Appraising Qualitative Research Articles in Medicine and Medical Education oleh Turgeon & Co ^te`.

Kesimpulan yang didapatkan adalah penerapan reflective writing untuk Primary Health Community Care (PHCC), misalnya dalam kegiatan Community-based Education (CBE) harus terus didorong sebagai bagian penting dalam pendidikan kedokteran guna mempersiapkan lulusan dokter yang siap bekerja dan mampu beradaptasi di lingkungan sumber daya yang terbatas, terutama di negara-negara miskin (low-income countries). Peran pembimbing (supervisor) penting untuk memberikan umpan balik dan juga memotivasi mahasiswa untuk belajar di setting CBE.

Selengkapnya