RUU Pendidikan Kedokteran Diusulkan

Sebanyak 13 anggota Komisi X DPR-RI telah berkunjung ke RSUP Adam Malik Medan, dalam rangka meninjau lokasi lapangan terkait Rencana Undang Undang (RUU) tentang pendidikan kedokteran di Indonesia.

Dalam hal ini, DPR-RI berinisiatif akan membuat Rencana Undang Undang (RUU) tentang pendidikan kedokteran di Indonesia karena pengaturan soal pendidikan kedokteran saat ini masih dinilai acak-acakan.

"Kita melihat perlu adanya RUU pendidikan kedokteran agar lebih baik lagi. Sebab,selama ini kita lihat pengaturannya masih acak-acakan,"ungkap Ketua Komisi X DPR-RI, Hari Ahmadi, siang ini.

Hari menilai, pendidikan kedokteran perlu mendapat perhatian yang lebih dari pemerintah. Untuk itu, perlu dibuat RUU agar memiliki kekuatan hukum yang lebih. Selain itu katanya, dengan adanya RUU pendidikan kedokteran dapat menghasilkan tenaga kerja yang professional.

“Nanti, pihak yang terlibat dalam pembahasan RUU pendidikan kedokteran adalah kementrian kesehatan dan kementrian pendidikan. Maksudnya dengan adanya UU tadi tanggung jawab kedua kementrian itu akan diduduk samakan dengan baik, sehingga bisa meningkatkan kualitas, produksi dan produktivitas dari pendidikan kedokteran itu,"katanya.

Selama ini katanya, tidak ada kordinasi yang baik antara kementrian pendidikan dan kementrian kesehatan. Hal itu menyebabkan standart pelayanan kesehatan belum berjalan baik. Dia menambahkan, saat ini RUU masih dalam proses pembahasan diinternal di Komisi X DPR-RI.Setelah itu, nantinya akan dibahas bersama.

"Kita targetkan dengan adanya RUU itu pendidikan kedokteran lebih bagus. Makanya , kita mengunjungi RS Adam Malik untuk mengetahui kondisi lapangan,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Komisi X DPR-RI ini juga meninjau lokasi ruangan pasien RSUP H Adam Malik dan melihat ruang coass-coass yang bertugas di RS tersebut.

Sumber: www.waspada.co.id
 

Add comment


Security code
Refresh

Alert System

Jika ingin memperoleh informasi baru dari website ini, silahkan mendaftar melalui tombol alert system di bawah.

alertsys

BL-unit-pengiriman

 

policybrief20314

PPE Dekan FK

PPE-FK

pengantar-umum

terlaksana

minggu-ini

keg-akan

Kelompok Kerja 1

 1-bl-dokter

2-jkn

Kelompok Kerja 2

2-jkn

2-jkn

Kelompok Kerja 3

 2-jkn