dikdoklogo

Academic Health System (AHS)

Academic Health System (AHS) adalah konsep yang mengintegrasikan pendidikan kedokteran bergelar, dengan satu atau lebih program pendidikan profesional kesehatan lainnya yang memiliki satu atau lebih rumah sakit pendidikan atau berafilisasi dengan rumah sakit pendidikan, sistem kesehatan, dan organisasi pelayanan kesehatan lainnya (Wartman 2007). Model AHS telah mulai dikembangkan di beberapa Fakultas Kedokteran di Indonesia dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui sistem rujukan, serta mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan dokter dan/atau dokter gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi.

Pembentukan Masyarakat Praktis ini bertujuan jangka panjang untuk meningkatkan kemampuan departemen-departemen di FK maupun di RS Akademis dan jejaring dalam pengembangan model AHS. Dalam proses ini, diharapkan berbagai kinerja fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit terutama model AHS dapat ditingkatkan.

Masyarakat Praktisi ini bertujuan untuk:

  • Sebagai forum komunikasi, berbagi tips dan pengalaman-pengalaman dalam mengembangkan AHS di bidang masing-masing. Pengalaman-pengalaman ini dapat berada pada departemen Fakultas Kedokteran maupun di RS.
  • Berfungsi sebagai forum ilmiah dan mengumpulkan serta membahas referensi yang open-source mengenai AHS.
  • Melakukan kerjasama bersama dan networking antar anggota dalam pengembangan AHS.

Kegiatan Masyarakat Praktisi antara lain:

  • Melakukan pelatihan dan diskusi tatap muka dan online tentang pengalaman mengembangkan AHS;
  • Melakukan penelitian mengenai AHS;
  • Mengumpulkan referensi mengenai AHS;
  • Study tour ke negara-negara yang lebih maju berkaitan dengan AHS
Pendidikan Kedokteran FK UGM © 2017