Tiga Lembaga Pendidikan Jerman Gandeng Lima PT Indonesia

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Lima Perguruan Tinggi (PT) yang tergabung dalam Inter-University Consortium for Global Health (IUCGH) menjalin kerjasama dengan tiga lembaga pendidikan Jerman untuk meningkatkan kulitas pendidikan dan riset bidang kesehatan. Lima PT tersebut adalah UGM, Undip, Unsoed, Universitas Mulawarman, dan Universitas Andalas.

Adapun tiga PT dan lembaga riset dari Jerman yakni Heidelberg University, German Cancer Research Center and Postdam Institute for Climate Impact Research.

Koordinator IUCGH dr Yodi Mahendradhata MSc PhD mengatakan, lembaga pendidikan dan riset kedokteran Jerman dipilih sebagai partner strategis meningkatkan pendidikan riset bidang kedokteran. Ilmu kedokteran dan kebijakan internasional kesehatan global yang diaplikasikan di Jerman sudah lebih maju dan berkembang.

''Dengan dikirimnya mahasiswa kita ke sana untuk belajar diharapkan nantinya setelah kembali bisa menghasilkan pendidikan dan riset kedokteran yang lebih berkualitas,'' kata dosen FK UGM itu dalam pertemuan anggota IUCHG di kampus UGM.

Dari kerjasama tersebut, diberikan juga kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan studi lanjut di Jerman baik pendidikan master dan doktor. ''Selain hasilkan riset kompeten dari anggota konsorsium, mahasiwa dan dosen bisa juga mengambil pendidikan master, doktor dan post-doktoral,'' katanya.

Rektor UGM Prof Dr Pratikno MSocSc mengatakan, konsorsium kerjasama lima PT di tanah air itu diharapkan memberikan manfaat lebih besar bagi pengembangan pendidikan dan pengetahuan bidang kesehatan di PT masing-masing.

Duta Besar Jerman untuk RI, Timor Leste dan ASEAN Dr Georg Witschel mengatakan, hasil kerjasama antara PT Indonesia dan Jerman itu nantinya bisa meningkatkan standar pelayanan kesehatan masyrakat di Indonesia. ''Karena akan banyak dihasilkan doktor bidang kedokteran yang mendukung studi pendidikan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit,'' katanya.

( Bambang Unjianto / CN26 / SMNetwork