Tangkal Hoaks Kesehatan, UGM Luncurkan InaHeath TV

SLEMAN -- Maraknya hoaks-hoaks tentang informasi kesehatan yang sering menyesatkan masyarakat menjadi suatu keprihatinan. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan saluran televisi yang fokus menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat bernama InaHealth TV.

Pengembangan InaHealth TV telah dilakukan sejak April 2017 melalui serangkaian lokakarya, yang melibatkan banyak narasumber ilmu kedokteran dan pertelevisian. Sejak dimulainya produksi pada Oktober 2017, InaHealth TV menghasilkan berbagai acara yang melibatkan narasumber-narasumber ahli dalam bidangnya masing-masing.

Selama proses pembuatannya, konten-konten yang dihasilkan InaHealt TV divalidasi dulu narasumber-narasumber yang berasal dari Fakultas Kedokteran UGM. Itu dilakukan agar informasi yang ada mudah dipahami, terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan karena disebarkan kepada masyarakat luas.

Bertepatan Hari Kesehatan Nasional 12 November 2017, InaHealth TV mulai mengudara untuk menyajikan informasi kesehatan yang terjangkau dan terpercaya. Siarannya akan dilakukan melalui dua cara yaitu melalui televisi berlangganan dan streaming, lewat saluran YouTube maupun Facebook Live.

Ke depan, program-program InaHealth TV bisa diakses melalui TV digital, sehingga masyarakat semakin tidak terbatas untuk bisa mengakses acara-acara melalui TV tersebut. Salah satu program yang akan mengudara melalui InaHealth TV yaitu Mitos vs Fakta, yang menyajikan informasi penting terkait mitos-mitos kesehatan.

Dekan Fakultas Kedokteran UGM, Ova Emilia mengatakan, gagasan kolaborasi ini jadi gayung bersambuta antara FK UGM dan Sarana Media Vision (SMV). "Harapannya, adanya saluran ini menjadikan informasi kesehatan dapat diakses masyarakat dengan mudah," kata Ova saat peluncurkan InaHealth TV di Auditorium FK UGM, Senin (13/11).

Ova berharap, InaHealth TV dapat digunakan masyarakat luas, dan mengimbau seluruh masyarakat bisa mengembangkan saluran yang memberikan informasi terpercaya tersebut. Tujuannya, lanjut Ova, agar informasi-informasi kesehatan terpercaya bisa selalu disuguhkan kepada masyarakat Indonesia.

Peluncuran InaHealth TV turut dihadiri Bupati Sleman, Sri Purnomo, yang memberikan apresiasinya atas usaha-usaha menangkal informasi-informasi hoaks terkait kesehatan. Dia menekankan, kehadiran InaHealth harus bisa membantu masyarakat mendapatkan informasi kesehatan yang sebenarnya.

Ia merasa, kehadiran InaHealth sejalan dengan visi Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, yaitu Sleman Smart Health yang menjadikan masyarakat memiliki pemahaman tinggi atas informasi-informasi kesehatan. Karenanya, Sri mendorong jaringan pelayanan kepada masyarakat dapat diperbaiki, dipermudah, dengan memakai sistem jejaring IT.


Sumber: http://www.republika.co.id/