FK UMI Gelar Seminar Ilmiah Bahas Soal Jantung

MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran UMI kembali menggelar Seminar ilmiah, standar kompetensi dokter Indonesia (SKDI) mahasiswa program profesi dokter (MPPD), Sabtu (9/12/2017). Seminar yang rutin setiap pekan dihari sabtu ini, mengangkat tema dari bagian Cardiologi.

Pada seminar kali ini menghadirkan dua pemateri yang keduanya membahas soal jantung dan gizi pada jantung. Kedua pemateri ini adalah dr Wisudawan dan dr Aryanti.

Pada kesempatan tersebut, dr Wisudawan membahas mengenai Deep vein thrombosis (DVT) atau trombosis vena dalam adalah penggumpalan darah yang terjadi di dalam pembuluh darah vena dalam. Kondisi ini umumnya muncul pada pembuluh vena besar yang terdapat di bagian paha dan betis. Sedangkan dr Aryanti membahas mengenai gizi yang dibutuhkan pada penyakit jantung.

dr Rezky Putri sebagai moderator, menyatakan materi ini sangat menarik karena dua tema penyakit ini masih sering ditemui di Indonesia bahkan di Makassar.

Seminar rutin ini diikuti oleh sekitar 200 an orang dokter muda/coass fakultas kedokteran umi. Dari tempat tugas di rumah sakit masing-masing lalu mereka semua berkumpul setiap Sabtu di Fakultas Kedokteran UMI guna mengikuti seminar tersebut.

Dekan FK UMI, Prof Syarifuddin Wahid, mengatakan, seminar ini wajib dihadiri oleh semua coass dengan sistem absensi finger print.

"Seminar ini, berguna untuk mereka pada saat ujian kompetensi dokter nantinya, dimana materi-materi yang disajikan pada seminar adalah merupakan kompetensi dokter umum yang sering diujikan pada soal-soal ujian kompetensi dokter," lanjutnya.

-- http://edukasi.rakyatku.com --