Ucapan Idul Fitri Pendok

Program Pengembangan Eksekutif
bagi Dekan-Dekan Fakultas Kedokteran
di Indonesia

Pengembangan kepemimpinan dan kemampuan manajerial untuk dekan dalam situasi yang dinamis

Tahap II
Periode Juni - Agustus 2014

di www.pendidikankedokteran.net


pengantarPengantar

Yth. Para Dekan Fakultas Kedokteran di Indonesia

Pada hari Rabu tanggal 2 Juli 2014 pukul 12.00 – 13.00 telah berlangsung presentasi Proyek Pengembangan oleh Dekan FK Atmajaya dan FK Unsri melalui Webinar.

icon-resumeHasil Pembahasan

Berikut ini adalah poin-poin rangkuman diskusi webinar PPE Dekan 10 Juli 2014:

  1. PPE Dekan Fakultas Kedokteran tahap 2, pada bulan ini (Juli) berfokus pada pengumpulan dan presentasi topik-topik proyek pengembangan dari masing-masing fakultas. Tim yang telah mempresentasikan topiknya adalah UNSRI (Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Baru), UNHAS (Pengembangan Program Studi Dokter Subspesialis), UNISULA (Pengembangan Program Dokter Spesialis Baru) dan UNPAD (Pengembangan Program Studi Subspesialis) dengan masing-masing memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  2. Pelatihan manajemen proyek akan segera dilaksanakan mulai bulan Agustus 2014 (4 minggu pertemuan), ditutup dengan pertemuan tatap muka pada akhir bulan Agustus 2014.

  3. Pada presentasi tim FK UNISULA (oleh dr Bagus Herlambang, Ph.D, Sp.B-BTKV) telah memenuhi syarat-syarat dasar untuk pendirian program dokter spesialis. Tim kecil yang dibentuk oleh Dekan akan merumukan langkah-langkah yang lebih operasional dalam mengerjakan proyek pengembangan tersebut.

  4. Program spesialis yang akan dikembangkan adalah untuk spesialisai IPD, Mata, THT dan IKM (Dokter Layanan Primer). Sebagai langkah awal, FK UNISULA dapat bekerja sama dengan FK lain yang telah menyelenggarakan program dokter spesialis untuk menjadi wahana pendidikan. Pararel dengan itu mulai untuk pengurusan syarat-syarat pendirian program Spesialis dan peningkatkan kapasitas tenaga pendidik dan kapasitas institusi untuk menyelenggarakan prodi dokter spesialis.

  5. Koordinator dan anggota tim kecil tersebut dipilih oleh dekan dengan mempertimbangkan kemampuan dan track record masing-masing anggota. Pembentukan tersebut/ pendelegasian wewenang tersebut sekaligus merupakan salah satu upaya proses regenerasi kepemimpinan dalam institusi.

  6. Menurut konsep manajemen proyek, saat ini tim UNISULA masih berada dalam tahap konsep dan diharapkan untuk dapat masuk ke tahap yang lebih operasional.

  7. Presentasi tim FK UNPAD oleh Prof dr Dany Hilmanto, Sp.AK. UNPAD akan mengembangkan program studi pendidikan dokter subspesialis. Proyek ini sudah berjalan beberapa bulan dan saat ini sudah hampir sampai pada tahap akhir. Pendirian program ini didasarkan pada kebutuhan di RS Hasan Sadikin yang merupakan salah satu RS rujukan utama dimana banyak kasusnya yang merupakan kasus-kasus subspesialistik. Sehingga sangat strategis dan prestisius. Pemilihan tim untuk proyek pengembangan ini merupakan kombinasi antara senior dan junior. Diharapkan dengan kombinasi ini dapat terjadi proses transfer ilmu dan pengalaman dalam menjalankan proyek ini. Namun memang dalam pelaksanaannya belum begitu mengacu pada konsep manajemen proyek. Pemilihan anggotanya berdasarkan kemampuan masing-masing anggota termasuk melibatkan orang-orang yang memiliki pengarh kuat dalam institusi. Harapannya dapat memudahkan proses pengembangan proyek ini.

  8. Minggu depan akan ada presentasi dari tim FK UGM yang mengangkat topik Pengembangan DOkter Layanan Primer (DLP) sebagai topik pengembangannya. Ini akan sangat sesuai dengan tim UNISSULA yang juga berencana untuk mengembangkan program dokter layanan primer ini.

 


icon-videoVideo Hasil Diskusi Minggu Ini

 
Webinar PPE Dekan Tahap 2 Bagian 1 - Pengantar
 
 
Webinar PPE Dekan Tahap 2 Bagian 2 - Presentasi Proposal FK UNISSULA
 
 
Webinar PPE Dekan Tahap 2 Bagian 3 - Presentasi Proposal FK UNPAD
 

+ Arsip video dan pembahasan minggu 1 dapat dilihat di sini.

+ Arsip video dan pembahasan minggu 2 dapat dilihat di sini.


Selamat mengikuti!