Ucapan Idul Fitri Pendok

Program Pengembangan Eksekutif
bagi Dekan-Dekan Fakultas Kedokteran
di Indonesia

 

Pengembangan kepemimpinan dan kemampuan manajerial untuk dekan dalam situasi yang dinamis

Tahap II (Minggu I)
Periode Juni - Agustus 2014

di www.pendidikankedokteran.net


icon-videoArsip Video Hasil Diskusi Minggu I

 

Webinar PPE Dekan Tahap 2 Bagian 1

 

Webinar PPE Dekan Tahap 2 Bagian 2 

 

icon-powerpoint-2Materi

Berikut ini materi yang dapat Anda download sebagai salah satu referensi KLIK DISINI.

Rangkuman Diskusi Webinar 1

Webinar pertama dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Juni 2014 mulai pukul 12.00 - 13.00 WIB. Webinar kali ini diikuti oleh FK UNHAS, UNSRI, UNAIR dan Atma Jaya. Pada diskusi kali ini diawali dengan pengantar oleh Prof. dr Laksono Trisnantoro, MSc, PhD (materi dapat diunduh KLIK DISINI). Selanjutnya diisi oleh presentasi dari Prof Andi Asadul, Dekan FK Univ. Hassanudin.

  1. Proyek yang akan dikembangkan oleh tim FK Univ. Hassanudin adalah pengembangan program Subspesialis. Proyek pengembangan ini sudah direncanakan sebelumnya. Namun memang belum berpedoman pada kaidah manajemen proyek. Fokus proyek ini adalah untuk me"legal"kan program subspesialis sehingga sesuai dengan aturan yang tertera pada UU No. 20 tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran.
  2. Manajemen proyek untuk menjalankan program penting untuk dapat mengukur capaian proyek sehingga memudahkan untuk monitoring dan evaluasi. Dalam kaitannya dengan proyek dari FK UNHAS tentang Pendidikan Dokter Subspesialis ini harus ada timeline yang jelas yaitu kapan dimulai dan diakhirinya proyek ini sesuai dengan target proyek.
  3. Perlu dibentuk tim yang jelas dan dikuatkan dengan diterbitkannya SK Dekan, sehingga memperjelas status dari tim tersebut. Penunjukan ketua tim proyek ini penting sebagai salah satu seni dalam kepemimpinan dekan untuk mendelegasikan wewenang dan menggerakkan tim untuk mengerjakan proyek tersebut.
  4. Hal-hal lain yang harus dipertimbangkan dalam pengerjaan proyek tersebut adalah bagaimana sumber dana proyek, stakeholder terkait dan rencana kontingensi ketika terjadi hal-hal yang diluar perkiraan.
  5. Dalam menjalankan proyek tersebut, tahap pertama yang harus dilakukan oleh dekan adalah tahap konseptasi proyek kepada tim. Jika hal ini sudah dilaksanakan maka dapat masuk ke tahap berikutnya yaitu tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi proyek.
  6. FK UNHAS sudah memiliki tim yang diketuai oleh Prof. Mansyur Arif dalam pengembangan program pendidikan dokter subspesialis ini.